Sabtu, 29 Oktober 2016

bunga oleander

BUNGA OLEANDER

Bunge jepun atau sering disebut sebagai bunga mentega adalah tanaman perdu anggota keluarga Apocynaceae yang menghasilkan bunga sepanjang tahun Bunga jepun berasal dari Afrika bagian utara, bagian timur Mediterania dan juga Asia Tenggara. Tanaman ini tumbuh dengan baik pada daerah kering beriklim hangat dan dapat dibudidayakan di berbagai daerah.
 Bunga jepun merupakan perdu tegak dengan tinggi antara 2–5 m, biasanya tanaman ini dipakai sebagai tanaman hias di taman dan dipinggir jalan. Struktur daunnya mempunyai epidermis atas yang berlapis-lapis.

Oleander [Nerium indicum Mill.] berasal dari benua Asia, merupakan tanaman hias di taman dan dipinggir jalan, tumbuh pada ketinggian 1-700 m di atas permukaan air laut, tahan panas dan kekeringan. Getah putih yang dikeluarkan mengandung racun terutama bila mengenai luka. Kulit batangnya dapat digunakan sebagai racun tikus. Pengembangbiakan tumbuhan ini dengan setek batang. Perdu tegak, tinggi 2-5 m. Daunnya berbentuk garis lancet, tebal, bertangkai sekitar 1 cm yang agak bengkok dengan ibu tulang menonjol . Panjang daun 7-20 cm, sedangkan lebarnya 1-3 cm. Warna daun bagian atas hijau tua dan bagian bawah hijau muda, ujung dan pangkal daun runcing, tepi daun rata, sering tiga daun tumbuh melingkar. Bunga berbentuk malai, terletak di ujung ranting dengan mahkota berbentuk corong, tabung pada pangkalnya sempit. Bunga berwarna merah muda dan putih. Buah panjangnya 15-25 cm, bulat dengan alur memanjang, bijinya banyak dan berambut.


Manfaat dan Khasiat Bunga Nerium Oleander Untuk Kesehatan :
Daun Oleander dapat digunakan sebagai obat jantung dalam dosis kecil, diuretika, antiskabies, mengobai herpes, antibakteri, antijamur, ekspektoran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar