Sabtu, 29 Oktober 2016

bunga flamboyan

BUNGA FLAMBOYAN


Flamboyan atau Delonix regia adalah tanaman yang khas dengan pohon besar, dan bunga-bunga merah cerah. Flamboyan memiliki nama genus Delonix yang berasal dari kata Yunani delos (artinya mencolok), dan onyx, berarti cakar. Nama tersebut mengacu pada penampilan bunga yang memang mencolok dan bentuk mahkota bunya mengembang seperti cakar. Pohon ini umumnya dibudidayakan di daerah tropis dan subtropis, termasuk Madagaskar, untuk tanaman hias. Tanaman ini terancam punah di habitat aslinya karena perusakan habitat.

Flamboyan tumbuh melebar membentuk seperti kanopi atau payung pada ketinggian 9–15 m di atas permukaan laut. Apabila tanaman ini tumbuh di daerah yang memiliki 2 musim, maka akan gugur saat musim kemarau, tetapi akan tetap hijau pada musim semi dan dingin pada daerah dengan empat musim. Tumbuhan ini juga sering disebut tumbuhan semi-evergreen.


Manfaat Tanaman Flamboyan

Manfaat tanaman pohon flamboyan yang bentuknya seperti payung dan mempunyai bunga dengan warna-warna cerah yaitu merah, orange, dan kuning ini digunakan sebagai peneduh dan penghias suasana karena keindahannya. Pohon ini sangat cocok jika di tanam di Indonesia karena Indonesia mempunyai iklim yang tropis dan tidak ada musim dinginnya, jadi pohon flamboyan dapat berbunga setiap tahunnya pada musim panas.
Bentuk pohon Flamboyan yang bercabang banyak dan melebar seolah membentuk payung raksasa. Dengan bentuk daun majemuk dan rapat, menciptakan kerimbunan yang khas dan memberikan kerindangan, serta kenyamanan bagi siapa pun yang berteduh di bawahnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar