Sabtu, 29 Oktober 2016

Bugenvil

BUNGA BOUGENVILLE


 
Bugenvil (pengucapan bahasa Inggris: bougainville; nama ilmiah: Bougainvillea, terutama B. glabra) merupakan tanaman hias populer. Bentuknya adalah pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. Keindahannya berasal dari seludang bunganya yang berwarna cerah dan menarik perhatian karena tumbuh dengan rimbunnya. Seludang bunga ini kerap dianggap sebagai bagian bunga, walaupun bunganya yang benar adalah bunga kecil yang terlindung oleh seludang.
Tanaman bugenvil ini mempunyai bagian tanaman yang berwarna-warni. Oleh karena itu, tanaman bougainvillea menjadi tanaman hias yang sangat populer karena kecantikkan warnanya dan cara merawatnya yang mudah.
Berasal dari Amerika Selatan, tanaman ini sering ditanam di taman dan kawasan perumahan. Pada waktu tanaman ini berbunga, tanaman ini mempunyai kebiasaan merontokkan beberapa daunnya. Bentuknya adalah pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. (Seludang bunga ( atau spatha) merupakan daun pelindung, yang seringkali berukuran besar, yang menyelubungi seluruh bunga majemuk waktu belum mekar. Seludang bunga dapat dijumpai pada struktur generatif ("bunga") tumbuhan anggota suku aren-arenan (Arecaceae dan suku talas-talasan (Araceae). Seludang bunga sebenarnya merupakan suatu bentuk khusus dari daun pelindung (bractea)).

MANFAAT BUNGA BOUGENVILLE

1. Mengobati resitensi insulin 
 Gangguan resistensi insulin akan menyebabkan diabetes. Tubuh tidak bisa membuat cadangan insulin sehingga kadar gula dalam darah akan terus menumpuk. Pada skala tertentu maka menyebabkan diabetes. kandungan senyawa pinitol dalam bunga bougenville dipercaya bisa mengatasi masalah resistensi insulin.

2. Menjaga Keseimbangan Kolesterol
Jumlah kolesterol HDL dan LDL dalam tubuh sangat tergantung dari jenis makanan yang dikonsumsi. Jika terlalu banyak kolesterol buruk maka bisa menyebabkan masalah kolesterol dan meningkatkan resiko penyakit tekanan darah tinggi, diabetes, serangan jantung dan stroke.
Konsumsi teh dari bunga bougenville telah dilakukan sejak jaman dahulu di Meksiko. Ekstrak dari daun bougenville mampu menjaga keseimbangan kolesterol dan tekanan darah.

3. Mengobati Batuk
Batuk disebabkan karena ada reaksi khusus pada saluran pernafasan. Batuk biasanya banyak menyertai gejala flu dan kelelahan. Anda bisa memakai bunga bougenville terutama bagian kulit batang.
  • Ambil beberapa kulit pohon yang sudah kering
  • haluskan hingga menjadi bubuk, jadi, anda harus mengambil kulit yang benar-benar sudah kering
  • Setelah itu campur bubuk kulit dalam satu gelaa air matang
  • Gunakan air untuk berkumur dan tenggorokan akan menjadi lebih lega.
4. Mengatasi Masalah Pencernaan
Gangguan pencernaan seperti asam lambung, diare dan perut kembung juga bisa diobati dengan rebusan daun bougenville. Daun bougenville dipercaya memiliki senyawa anti inflamasi dan memberi efek yang menenangkan untuk usus. Cara pengobatan dilakukan dengan :
  • Ambil beberapa helai daun bougenville
  • Rebus dengan 3 gelas air, biarkan mendidih dan tertinggal setengah gelas saja
  • Minum dengan campuran madu untuk menyembuhkan gangguan pencernaan.
5. Membunuh Bakteri
Bakteri bisa masuk ke dalam tubuh lewat berbagai cara. Makanan, kontaminasi air dan berbagai sumber lain bisa menyebabkan bakteri menjadi sumber penyakit dalam tubuh. Untuk mengatasi hal ini maka esktrak daun bougenville sangat ampuh dalam melawan perkembangan bakteri seperti bakteri S typhi, Micrococcus luteus, Escheria Colli, P vulgaris, S flexneri dan sumber bakteri lain. Karena itulah ekstrak daun bougenville bisa menyembuhkan diare dan masalah pencernaan lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar